//
you're reading...
Materi Tinkom

Save Document pada Microsoft Word 2007

Menyimpan dokumen (Save Document) perlu dilakukan agar dokumen yang telah dibuat tidak hilang atau terbuang. Karena jika suatu waktu dibutuhkan untuk kepentingan editing teks, printing dan keperluan lainnya, dokumen tersebut dapat diakses kembali. Secara Default (otomatis) nama file/ dokumen baru akan disimpan dengan nama awal dari dokumen tersebut. Namun, jika ingin menyimpan dengan nama yang diinginkan dapat dilakukan dengan menuliskan nama file pada File Name yang terdapat di Jendela Save As sebelum meng-klik Save. Langkah-langkah menyimpan dokumen dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Klik Office Button >> Lalu pilih Save atau Save As (Jika menginginkan nama file yang berbeda) sehingga tampak Jendela dialog Save As.
  2. Pada Jendela dialog Save As tersebut, dapat dilakukan pengaturan :
  • Save in: untuk menentukan lokasi dokumen yang akan disimpan. Pada Microsoft Word 2007 Save in terletak diatas juga ada di bagian sebelah kiri jendela Save As.
  • File name: untuk menuliskan nama dokumen.
  • Save as type: Tipe file dokumen yang hendak digunakan. Secara default, file dokumen akan tersimpan dalam format Word Document. Selain itu, terdapat pilihan format file yang berbeda seperti PDF, Web Page, Rich Text, Word XML dan sebagainya.
  • Save: Klik akhir untuk menyimpan dokumen tersebut.

Untuk menyimpan dokumen dengan nama yang berbeda dapat dilakukan dengan klik langsung Office Button >> lalu pilih Save As. Langkah-langkah berikutnya sama dengan di atas.

Tata letak dari file dokumen perlu dirapikan. Hal ini berguna, jika suatu waktu dibutuhkan file tersebut dapat kita temukan dengan mudah. Agar file dokumen ini dapat tertata rapi, file-file tersebut perlu dibuatkan kategorisasi tertentu. Kategori ini dapat dipetakan ke dalam folder-folder berdasarkan nama atau tipe dokumen yang diinginkan. Berbeda dengan versi sebelumnya, dimana New Folder terdapat dalam kotak menu file, pada Word 2007, langkah membuat folder dapat dilakukan dengan jalan klik Tombol Microsoft Office >> Save >> kemudian klik New Folder yang terdapat di sudut atas jendela Save As atau dapat pula melalui Windows Explorer. (Dien).

About tinkomatter

Blog Pembelajaran Tinkom SMPN 2 Pagerwojo

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip



Jejak Paratamu

%d blogger menyukai ini: