//
About

WAHYUDIN, lahir di Bawean, Gresik, Jawa Timur, pada tanggal 21 Juni 1975. Setelah menamatkan jenjang SD (1987) di Pasuruan, ia pindah ke Bawean dan berhasil menamatkan pendidikan SMP (1991), dan SMA Negeri (1994) di sana. Dari Bawean, ia hijrah ke Surabaya untuk mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi di Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) angkatan 1994. Pendidikan S1 ia selesaikan dengan prestasi yang sangat memuaskan pada tahun 2001. Sembari menyelesaikan skripsinya ia bekerja sebagai announcer (penyiar) di Radio Ampel Denta FM, sebuah radio religi Islam satu-satunya saat itu, di Surabaya (1999–2005). Ia juga tidak melewatkan masa itu untuk mempelajari Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya (LPBA MASA), bahkan sempat menjadi Ketua FM2 MASA (Forum Musyawarah Mahasiswa atau semacam senat mahasiswa) di lembaga ini.

Kecintaannya pada dunia pendidikan membuatnya memutuskan untuk terjun ke dunia keguruan. Karir pertamanya sebagai seorang guru ia jalani di SMP Giki 1 Surabaya dan pada saat yang sama juga mengajar di SMA Terpadu Nurul Huda, Sencaki, Surabaya (2004). Kemudian, karena kepentingan keluarga ia pindah ke Tulungagung, dan mengajar di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung (2005), lalu diangkat sebagai guru PNS di SMP Negeri 2 Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur (2009–sekarang). Di sekolah pucuk gunung ini, ia mengampu mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tinkom). Sejak awal menerima SK dan ditugaskan di sekolah ini, ia sudah mematrikan semangat dan impiannya untuk meraih prestasi di puncak tertinggi, yang sekaligus juga menjadi motto dari sekolah yang akrab di sebut Sang Dewo tersebut.

Blog ini, https://tinkomatter.wordpress.com, ia dedikaskan sebagai wadah dan media pembelajaran Tinkom bagi siapapun, dan yang utama siswa-siswanya. Meski ia menyadari benar, bukanlah hal yang mudah mengajarkan Tinkom di sekolah gunung dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang ada. Menurutnya, untuk mencapai taraf ideal pembelajaran Tinkom, tak ada jalan lain, kecuali tersedianya komputer, satu siswa satu komputer. Sementara, di ruang labkom sederhana di sekolah ini hanya tersedia lima unit komputer yang diperuntukkan bagi ± 20 siswa per-kelasnya. Dengan segala keterbatasan itu, bagaimana mempolakan pembelajaran Tinkom agar bisa berjalan baik? Namun, Alhamdulillah, melalui kerjasama apik dengan rekanan yang peduli terhadap pendidikan, layanan internet sudah bisa dinikmati di sekolah ini dengan biaya murah. Bahkan, telah tersedia pula jaringan wifi yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah, setiap saat.

Kegemaran terhadap dunia blog telah ia geluti sejak 2007 silam.  Beberapa tulisannya sering ia tuangkan di blog pribadinya http://khalidwahyudin.wordpress.com. Meski sekarang seperti diakuinya, ia agak jarang meng-up-date blognya tersebut. Ia justru lebih aktif berperan sebagai contributor dan administrator di blog sekolahnya, yaitu: http://smpn2pagerwojo.wordpress.com, dalam beragam tulisan seperti artikel pendidikan, liputan, dan berita seputar kegiatan sekolah. Tulisannya, “Guru adalah Pejuang,” sempat dimuat pada kolom Pendapat Guru di Koran Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, Rabu (11/4/2012). Selebihnya, ia cukup memiliki kemampuan dalam bidang ilmu retorika. Hal ini ia buktikan dengan keberhasilannya meraih juara 1 pada Lomba Pidato Bung Karno Tingkat Umum (2009), yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar bekerjasama dengan Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Tulungagung.

Wahyu, demikian panggilan akrabnya, Saat ini, ia tengah menjalani tugas belajar di Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, atas beasiswa penuh dari Kementrian Pendidikan dan Budaya, Republik Indonesia. Bersama rekan-rekannya se-angkatan, ia telah berhasil menerbitkan sebuah buku “Bunga Rampai Supervisi Pendidikan – From Control To Help” terbitan Fairuz Media (2011). Semoga akan selalu membawa keberkahan. Amin. (Dien)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip



Jejak Paratamu

%d blogger menyukai ini: